Show Mobile Navigation

Recent Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Admin

Followers

Postingan Populer

About

Sabtu, 01 Maret 2014

,

Salamander Hewan yang Dapat Melakukan Regenerasi

Unknown - 07.00
Salamander merupakan amphibi yang memiliki keunikan dapat meregenerasi anggota tubuhnya yang hilang sehingga dapat kembali utuh kembali.
Pada umumnya salamander memiliki empat jari dikaki depan dan lima jari dikaki belakang mereka, kulit salamander yang lembab membuat hewan ini harus hidup didaerah yang memiliki tingkat kelembaban yang cukup seperti di tepi sungai, rawa,dan tanah berlumpur ataupun lahan basah yang lain. Salamander banyak yang menghabiskan hidup mereka di daerah perairan, namun beberapa spesies juga dapat hidup didarat meskipun pada kenyataannya mereka tetap membutuhkan air untuk menjaga kelembaban tubuhnya. Salamander dewasa dapat hidup sepenuhnya didarat mereka sudah menjadi hewan terestrial (aktivitas hidup banyak didarat). Keunikan dari salamander adalah hewan ini mampu meregenerasi anggota badan mereka yang telah hilang.
Salamander merupakan hewan yang bernafas dengan paru-paru ketika dewasa, seperti halnya spesies amphibi yang lain salamander juga mengalami siklus hidup di air dan di darat. Salamander juga mengalami proses metamorfosis, ketika masih menjadi larva salamander bernafas dengan insang dan ketika dewasa salamander dapat hidup didarat dan bernafas dengan paru-paru dan kulit mereka. Kulit salamander mengeluarkan lendir yang berfungsi untuk menjaga kelembabannya ketika dia sedang berada di darat atau lahan kering. Salamander dapat mengganti kulit mereka seperti ular secara teratur saat mereka mengalami pertumbuhan, kemudian mereka juga memakan kelupasan tersebut.
Salamander adalah hewan karnivora, mereka memangsa serangga, kerang, cacing dan hewan invertebrata lainnya. Dalam menangkap mangsanya salamander memiliki lidah yang dapat digerakkan dengan cepat dan lengket sehingga mangsa yang telah tersentuh oleh lidahnya tidak akan bisa melarikan diri. Salamander berbeda dengan jenis amphibi yang lain, mulut salamander dilengkapi dengan gigi-gigi kecil. Salamander dapat berkembang biak dengan cara pembuahan internal, beberapa spesies salamander tertentu bereproduksi secara ovipar (bertelur) namun ada juga yang dapat bereproduksi secara ovovivipar (bertelur melahirkan)

Salamander merupakan hewan jenis amphibi, secara fisik salamander dapat disamakan dengan spesies reptil yaitu kadal. Ciri-ciri dari salamander memiliki tubuh ramping, hidung pendek, dan ekor yang panjang. Semua spesies salamander termasuk kedalam ordo Caudata, ordo caudata mengalami penurunan jumlah spesies setiap harinya. oleh karena itu salamander termasuk jenis hewan yang langka.

0 komentar:

Posting Komentar